Pages

Banner 468 x 60px

ads
 

10.10.11

SUBSTITUSI KAMPAS REM VARIO

0 komentar
Buat bro yang punya motor matic Vario, salah satu komponen fast moving yang punya umur pake relatif pendek adalah Kampas Rem. Ini juga berlaku buat semua motor. Karena itu untuk komponen yang satu ini, kebanyakan biker lebih suka menggunakan produk yang orisinil alih-alih yang imitasi. Pertimbangan utamanya tentu saja faktor keamanan. Komponen orisinil tentu saja kualitasnya lebih mumpuni, speknya lebih presisi, dan daya tahan alias umur pakainya lebih lama.


Dewasa ini kampas rem orisinil tidak menggunakan bahan dasar asbes seperti dulu. Asbes sudah ditinggalkan karena membawa dampak kesehatan yang tidak baik. Dengan bahan dasar kampas rem yang lebih ramah lingkungan, tidak aneh harganya menjadi lebih mahal. Harga kampas rem orisinil berbahan asbes umumnya dibawah 20ribu untuk motor bebek, sedangkan yang berbahan non asbes mencapai 25ribuan. Dengan adanya selisih harga yang cukup besar ini, maka pabrikan masih memproduksi kampas rem berbahan asbes, dan karena kemasan atau paking produk orisinil adalah sama, untuk membedakannya ada tulisan BEBAS ASBES atau NON ASBES pada kemasan kampas rem orisinil.


Khusus buat Vario, stok kampas rem orisinilnya mungkin tidak sebanyak dibandingkan motor bebek pada umumnya, atau matic lain seperti Mio. Lebih-lebih di daerah, kampas rem Vario orisinil bisa jadi cukup sulit diperoleh. Kalaupun ada, harganya terbilang mahal untuk ukuran biker kebanyakan. Harga resmi kampas rem non asbes Vario adalah 57.500, barangkali banyak biker yang harus berpikir ulang untuk menebusnya. Alternatifnya adalah kampas rem imitasi yang harganya berkisar 20ribuan.


Tapi bagi yang ingin mempertahankan kualitas dengan harga lebih bersahabat, dapat memanfaatkan kampas rem Mega Pro New. Bandrol resminya Cuma 36.000. Selisih 20ribuan lumayan bisa buat traktir pacar makan bakso berdua. Perhatikan saja spek kedua kampas rem tersebut. Sama nggak? 

Beda! Ya, beda kode partnya memang. Kampas rem Vario registrasi partnya 43130-KUB-901, sedangkan punya MegaPro New 43125-KGA-902. Kalau sama mengapa harganya bisa terpaut cukup jauh? Tentunya ini pihak ATPM Honda yang bisa menjawabnya.


Bagaimana soal kualitas? Kita main logika saja. Kira-kira beban pengereman antara Vario dan MegaPro berat mana?


Sama-sama orisinil, pilih mana, yang murah atau mahal?
Anda yang memutuskan!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar