Pages

Banner 468 x 60px

ads
 

15.3.08

TIPS AKI KERING

0 komentar
Aki kering kian ngetrend saja. Buktinya, banyak bikers yang motornya masih menganut aki basah, tergoda ke lain hati, eh, aki lain. Ya, aki kering itu.
Sangat mungkin di masa mendatang, aki kering akan menjadi standar motor baru. Terbukti, beberapa motor keluaran tahun terakhir ini telah menerapkan aki kering.
Jadi, apa kelebihan aki kering?
Pastinya, aki kering lebih praktis. Tidak perlu diisi air zuur, dan tidak usah repot cek kondisi air aki seperti pada aki basah. Sekali pasang tinggal pakai sampai usia pakainya habis. Karena itu aki kering disebut aki bebas perawatan (maintenance free).
Kelebihan aki kering lainnya. Letaknya di motor tidak harus tegak lurus dengan posisi “kepala” menghadap atas seperti aki basah. Bisa diletakkan miring, rebah, bahkan terbalik. No problem. Itu sebabnya para pemodifikator menyukai aki kering, karena bisa diposisikkan secara suka-suka.
Lalu, apa kekurangannya?
Yang pasti, harganya lebih mahal dari aki basah. Bagi kebanyakan bikers, harga aki kering mungkin bisa bikin kanker, kantong kering, bro. Sebagai gambaran, aki basah untuk SupraX dari Yuasa YB5LB harga resminya per 1Februari 2008 130ribu, sedangkan aki kering untuk tipe motor sama, yaitu Yuasa YTX5L-BS harga resminya 250ribu. Kenapa disebut harga resmi? Karena harga riil di pasaran tidak sebesar itu. Lebih murah sekitar 10-15% dari harga resmi. Apalagi kalau belinya di Blambangan Motor, pasti lebih murah. Percaya deh.
Pertanyaannya, apakah harga yang lebih tinggi dari aki kering juga mencerminkan kualitasnya lebih unggul dari aki basah? Belum jelas. Soalnya banyak yang bilang, aki kering justru tidak sekuat aki basah. Umur pakainya lebih pendek. Apa betul begitu?
Belum ada penjelasan yang meyakinkan soal ini. Logikanya, jika daya tahan aki kering tidak lebih baik atau minimal sama dengan aki basah, bagaimana mungkin :
- produsen aki berani memberi bandrol aki kering lebih mahal?
- produsen motor mempercayai aki kering untuk motor terbaru yang segmennya menengah ke atas?
Padahal, dengan sistem pengisian aki kering yang lebih kecil dibanding aki basah, seharusnya membuat aki kering lebih tahan lama karena sel akinya tidak cepat rusak dan tidak cepat panas dibandingkan aki basah.
Penjelasan yang lebih masuk akal, tanpa melihat jenisnya – aki basah atau aki kering – secara umum kualitas aki ditentukan merknya. Ada aki merk atas/premium, ada yang kelas 2 dan kelas entah berapa, pokoknya disebut aki. Merk menentukan harga. Aki kering maupun basah, kalau bukan merk premium, pasti kualitasnya tidak sebaik yang premium. Contoh aki premium, ya Yuasa dan GS. Aki motor baru pasti berasal dari satu dari dua merk tadi. Contoh aki kelas 2, buaanyak. Tidak etis disebut.
Makanya, kalau mau awet, ya belilah aki yang berkualitas. Jangan asal murah.
  • Jangan sembarangan ganti aki basah dengan aki kering. Perhatikan spesifikasinya: kuat arus dan tegangan aki kering harus sama dengan aslinya. Voltasenya harus sama. Jika ampere aki aslinya 5ampere, harus diganti dengan dengan aki kering 5ampere.
  • Cek regulator alias kiprok. Pastikan kiprok masih berfungsi. Jika kiprok rusak, harus diganti. Kiprok yang rusak dapat menyebabkan aki rusak karena arus listrik dari sepul tidak mampu dibendung kiprok, mengakibatkan aki kelewat panas dan selanjutnya jebol.
  • Perhatikan umur aki! Aki kering sebaiknya dipakai maksimal 3-4 bulan sejak masa produksi. Secara teori, aki kering yang diam/tidak segera dipakai, kehilangan muatan listrik sekitar 1% setiap hari. Padahal, aki kering yang dijual di toko-toko, terutama yang produk impor, banyak yang termasuk kadaluarsa kalau mengikuti ketentuan di atas. Karena umumnya telah diproduksi beberapa tahun sebelumnya.
  • Yang baik, jangan latah mengganti aki basah dengan aki kering, dan sebaliknya. Karena beda sistem pengisian. Disarankan, penggantian itu juga disertai penggantian regulator yang sesuai. Atau yang aman, ganti motor anda yang masih aki basah dengan motor baru yang sudah menganut aki kering. Pasti banyak yang teriak, “jangan gila dong!”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar